Klasifikasi Tanaman Mangrove

Klasifikasi Tanaman Mangrove adalah sebagai berikut:
Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau,dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.
Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.
Klasifikasi Tanaman Mangrove
Ekosistem hutan bakau bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah; salinitas tanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi.
Klasifikasi Mangrove:

Nama Lokal : Bakau
Latin : Rhizophora mucronata



Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Rhizophoraceae
Genus: Rhizophora
Spesies: Rhizophora mucronata (Anonimus, 2012)




Deskripsi :
Pohon Mangrove Jenis Rizophora Muceonata bisa mencapai tinggi 4-30 m dengan Batang dan cabang berakar udara atau akar tunjang yang bercabang. Daun elips, lebar sampai memanjang, ujung tulang dau runcing, 11-23 x 6-3 cm. Bunga dalam payung tambahan yang bertangkai, menggarpu, mekar dalam ketiak daun dan pada buku yang tidak berdaun. Tabung kelopak di atas bakal buah memanjang. Daun mahkota dengan tepi berambut panjang, sebagian memeluk benang sari. kepala sari beruang banyak.



Bakal buah setengah tenggelam, ujung muncul jauh di atas helaian, berbentuk kerucut tinggi, tangkai putik pendek, bertaju 2. Buah bulat telur panjang, hijau cokelat kotor, panjang 5-7 cm, berbiji 1. Biji berkecambah pada tanaman, keping biji bersatu menjadi badan yang berdaging, dengan ujung yang berbentuk tangkai, menonjol 2-5 cm